The Lady Finger

February 23, 2011

Lots of Love Sakawayana Part I

Hey, we meet again after several years we've never shared :D
anyway, time heals me for sure. everything's changed and so do i. no more tears and no more hurt feelings. (oke kita ubah topik pembicaraannya)

Satu bulan di Desa Sakawayana untuk menunaikan Kuliah Kerja Nyata sangat membuat saya bangkit kembali dari keterpurukan. seriously, because of them i can let everything go. they give unlimited happiness and i feel so blessed.

Desa Sakawayana itu terletak di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. pertama datang ke Desa Sakawayana kita semua disuguhi dengan pemandangan sawah yang terbentang luas. udara yang masih asri, ada sungai serta warga yang sangat ramah. saya senang disana.
sesampainya di guest house kita kaya dapet jackpot. oiya rumah cewek sama cowok dipisah dan jaraknya, masyaAllah jauhnya. sesampainya dirumah cewek, kita celingak-celinguk melihat kondisi rumah dan.........ya jauh dari harapan. tapi rumahnya cukup layak untuk ditinggali selama 1 bulan yang terdiri dari13 orang cewek-cewek kece. tapi kamar mandinya too disaster, saya tidak tega menjelaskannya because its hard to explain and too tragic. pokonya kamar mandi menyatu dengan dapur, jadi kalau kita mandi kita bisa sambil ngobrol sama yg lagi masak dan di belakang kamar mandi itu kandang kambing jadi klo subuh-subuh mau ngambil wudhu kita saut-sautan sama kambing. sayang sekali saya tidak ada foto si kamar mandi tersebut.

hari pertama kita masih pada kaku sama lain, sedikit berbicara. ketika program untuk survey ke rumah warga dimulai (saya lupa hari keberapa tepatnya) kita dibagi menjadi 2 tim. dan saya kebagian di tim pertama dan itu kita harus survey ke RW 01 dan RW 02 yang jarak tempuh ke RW tersebut Subhanallah jauhnya. tim saya terdiri dari Ajeng, Noe, Widya, Adit, Rian, dan Fery. perjalanan yang cukup memakan waktu panjang. kita melewati persawahan, hutan bambu, sungai dan kuburan. ok di skip aja nih, pulangnya kita lewat tengah-tengah sawah dengan tekstur jalan yang penuh rintangan (ok. lebay) tapi bener loh saya aja sampai jatuh. lucunya kita diantar oleh mantan ibu kepala desa.

setelah 7 hari dengan kekakuan. dengan sendirinya suasana jadi mencair. kita jadi semakin kompak dan Solid (ya Solid, Solid lah yang membuat kita menjadi solid. by the way, Solid itu adalah nama Koordinatur desa saya. ya semacam ketua kelompok kamilah.)
kita juga pergi ke sawah lo, kita survey tentang petani. kita terjun langsung ke lapangan dan menggebuk padi (apaan sih bahasa kerennya?) petaninya itu sepasang suami istri yang umurnya sekitar 70 tahunan. tapi mereka masih berkerja di sawah, loh. dan si bapak bisa bahasa belanda. pas ngobrol sama si bapak dan ibu tani, i feel like lost in translation. they spoke sundanese and i don't understand at all. hahaha

Beberapa hari setelah bersawah, kita kembali lagi ke RW 01 untuk ketemu sama Kepala Desa, kali ini dengan full team tidak dipisah-pisah lagi kelompoknya. kita ke Kepala desa untuk memberi tahukan program kerja anak-anak KKN Unpad dan tentunya untuk mendapatkan snack gratis. hahaha. oiya, lucunya kita anak-anak KKN selalu di kasih snack. entah itu singkong goreng, opak atau bahkan pisang selalu menjadi suguhan kira kalau pergi survey ke penduduk desa, tapi emang paling enak itu ya ke rumah Kepala desa. karena hidangannya itu beda sendiri. ihihihi. oiya kepala desanya itu (aduh saya lupa namanya) mukanya merengut melulu. saya sampai bingung loh, kok kita kaya kurang di ayomi yah sama beliau. rumors nya anak KKN sebelum kita itu sangat disambut sama kepala desa sebelumnya. huuh, mungkin nasib angkatan 2008 selalu apes. hehehe

berhubung rute rumah bapak kepala desa nya sama kaya waktu tim saya survey ke RW 01 jadi tim kami mengajak tim 2 lewat rute pematang sawah. hhmmm, biar mereka rasakan betapa menderitanya kita lewat ditengah sawah. hehehe. suasana nya jadi seru deh, kita foto-foto di tengah sawah, jalan-jalan di sungai yang notabene bau sama air aci, ketawa-ketawa. kapan lagi dapat moment yang semenyenangkan seperti ini. senang sekali rasanya. seru sekaliiiiii....

1 comment:

Anonymous said...

awal yang baik